Investasi Kebun Durian

17 November 2013



Jenis yang saya tanam Durian Bawor

Durian Bawor termasuk Durian Unggulan yang Berkualitas dan Layak untuk Di Budidayakan
Durian ini Rasanya manis legit, Daging Tebal, Biji Sebagian Kempes, berat Rata-rata 3-4kg, Terbesar bisa 12kg, Pohonya yang lebih Tahan Terhadap hama Penyakit dan berbuah lebat .

Kenapa saya pilih jenis ini ?
Durian Bawor mempunyai beberapa keunggulan antara lain : umur 3-4 tahun sudah mulai berbuah, satu tahun bisa panen 3 kali, 1 buah mempunyai berbagai macam rasa, daging buahnya tebal rasanya legit, bijinya kecil / tipis, sistim perakarannya baik karena mempunyai kaki empat sehingga memudahkan mencari nutrisi dalam tanah maka semakin tua umur tanaman semakin lebat / banyak buahnya. Bahkan pohon induknya yang berumur 7 tahun dalam 1 tahun mampu menghasilkan 2 ton durian. Durian bawor dapat dipanen 3 kali dalam setahun sedangkan pohon-pohon durian yang lain hanya dapat dipanen setahun sekali, untuk memanennyapun tidak terlalu sulit karena rata-rata tinggi tanaman durian bawor hanya 2 s/d 3 meter

Gambar ini nyomot dari penyedia bibit buah terbaik dikota saya 



Estimasi Modal untuk menanam 50 Pohon Durian Bawor

Perhitungan per pohon (dalam rupiah)
- Bibit Durian Bawor 40cm . @60.000 (Emang Mahal harga bibitnya bos T.T )
- Pembersihan Lahan dan Pembuatan Lubang Tanam 40x40x40 (2bln sebelum tanam)@1500
- Pemupukan Awal pada lubang tanam dengan pupuk kandang 5kg (300/kg) @1500
- Upah Penanaman @1000
- Pemupukan Lanjutan dengan Pupuk Organik Cair @5000
-Upah Pengerjaan Pempupukan@1000
Total biaya per pohon = Rp. 70.000
Kalo mau nanem 50 Pohon ya siapin aja modal3,5 jt plus 500rb untuk biaya tak terduga (misal kalo bibitnya ternyata sekarang udah 70rb/pohon). Total anggaplah  jadi 4jt/50 pohon


Sama seperti cengkeh ...
Kalo belum punya Lahan  wajib beli Tanah (jangan sewa) karena cengkeh ini masa produksinya panjang banget dan bisa diwariskan ke anak cucu.
Untuk 50Pohon Durian dengan jarak tanam 5x5 Secara kasar dibutuhkan lahan seluas 1250 M2 .
Tapi kenyataan kalo nanem dilahan miring paling enggak butuh 1400an M2.
Anggap aja harga tanah didaerah yang agak plosok Rp 8.000/M2  . (<harga pedih nih ceritanya)
Untuk modal beli tanah 1400M2 biaya nya 11,2, jt. Plus ongkos balik nama (gak usah sertifikat dulu) dan pologoro desa anggaplah total kena 12,5 jt. .


Jadi Total Biaya Yang Diperlukan (4jt+12,5jt) = 16.5jt untuk penanaman 50 Pohon berikut tanahnya. Dan Real nya saya yakin bakal lebih murah karena saya hitung biaya diatas dengan hitungan pahit.

Setelah itu terus dipupuk biar hasil Maksimal . Paling enggak dalam 5 Tahun kedepan sudah bisa mulai menikmati hasil. Biaya pemupukan pertahun saya taksir 300rb/50 pohon. Jangan pelit pelit banget kalo soal pupuk. Karena ini bakal menentukan banget hasil yang akan kita perole kedepan-nya.

Setelah 4 Tahun kita tinggal nikmatin hasilnya dah :

Jual Bibit Durian Montong, Kani, Bawor - Keperluan Rumah - Perabotan - Kebutuhan Berkebun 


Bicara Hasil

1 Pohon durian bawor usia 5 Tahun dengan pemupukan rutin. Paling enggak bisa lah per pohon menghasilkan 10 buah dengan bobot @3kg/buah. (hitung pesimis aja) 
Kalo 1 Buah dihargai 30.000 aja (gak usah hitung kilo-an)
Dari 1 Pohon bisa tuh dapet 300rb . Kalo 50 Pohon bisa dapet 15jt per panen. Padahal 1 Tahun bisa 3x panen. Anggep aja cuma 2 panen. 1 Tahun bisa dapet 30jt dari 50 Pohon Durian Bawor. Untuk penjualan didaerah purworejo juga gampang banget. Udah banyak pengepul-nya.
Atau mau jualan sendiri dipinggir jalan juga berat laku-nya.
Menguntungkan banget kan??? Resiko nya sih kalo nggak dimakan hama ya dicolong orang. 
Tapi Ingat!!
.Dari Jabir bin Abdullah Rodhiyallohu ‘Anhu dia berkata, telah bersabda Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam:
فَلاَ يَغْرِسُ الْمُسْلِمُ غَرْسًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَ لاَ دَابَّةٌ وَ لاَ طَيْرٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةً إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ
“Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat.” (HR. Imam Muslim hadits no.1552(10))

Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah menjelaskan bahwa hadits-hadits tersebut merupakan dalil-dalil yang jelas mengenai anjuran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk bercocok tanam, karena di dalam bercocok tanam terdapat 2 manfaat yaitu manfaat dunia dan manfaat agama. Bener bener bisnis dahsyat . :)

Dengan Modal Total 18jt (udah termasuk biaya pupuk 5 tahun) kita berpotensi menghasilkan pendapatan 30jt/tahun . Timbang duit 18jt dipake buat beli Satria FU mending buat modal usaha ini aja .
Mumpung masih muda.. Investasi sebanyak banyak-nya. Biar entar bisa pensiun muda. Aamiin Yaa Rabb






 







Comments

One Comment

RSS

Copyright @ 2013 My Plan's. Designed by Templateism | Reza Darmesta